Masalah Kesehatan Akibat Makan Terlalu Cepat

By | November 5, 2018

Masalah Kesehatan Akibat Makan Terlalu Cepat

Orang – orang jaman sekarang jarang punya waktu untuk istirahat, apalagi jam makan yang tepat. Makanan cepat saji perlahan menggantikan makanan buatan sendiri. Makan telur atau mie yang tadinya 30 menit sekarang menjadi 5 menit karena terburu-buru. Kecepatan makan tampaknya sangat cocok dengan gaya hidup kita yang sibuk, namun itu membawa banyak masalah jangka panjang.

Kenapa kita makan sangat cepat?

Untuk menghemat waktu, kita makan dengan cepat. Ada banyak alasan di balik kebiasaan buruk ini, namun kebanyakan dari mereka berasal dari lingkungan dan kehidupan sosial.

Misalnya, Anda makan siang dengan teman kerja Anda dan mereka semua selesai dalam 5 menit, tentunya Anda tidak ingin duduk selama 15 menit lagi hanya untuk makan dan mengubah diri Anda menjadi orang luar. Selain itu, di restoran di mana banyak orang datang dan pergi keluar akan secara alami memberi Anda rasa terburu-buru.

Masalah kesehatan akibat dari makan terlalu cepat

Gangguan pencernaan

Makan terlalu cepat berarti terlalu sedikit mengunyah. Dengan demikian, makanan yang belum diuraikan dengan sempurna ditelan ke sistem pencernaan Anda. Konsekuensinya, potongan-potongan besar sulit masuk dan macet, menyebabkan perut anda begah dan keras. Anda dapat merasakan ini hampir sepanjang waktu. Dan dalam kasus yang parah, ada juga rasa panas dalam perut dan kesulitan bernapas.

Kenaikan berat badan

Para ilmuwan membuktikan bahwa nafsu makan juga dikendalikan oleh otak, bukan hanya perut. Otak Anda membutuhkan sekitar 20 menit untuk berfungsi, memproses, dan mengirim sinyal yang menunjukkan bahwa Anda kenyang. Oleh karena itu, sebagian besar waktu setelah menyelesaikan porsi biasa hanya dalam 3 menit, Anda tidak menyadari bahwa Anda kenyang dan terus makan lebih banyak. Ingat, lebih banyak makanan berarti lebih banyak kalori, dan kalori yang berlebihan berubah menjadi lemak.

Keracunan makanan

Beberapa makanan yang terkontaminasi racun berubah warna dan rasanya tidak enak tetapi tidak mengeluarkan bau aneh. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan memperhatikan makanan sebelum dimakan, yang benar-benar tidak dapat Anda lakukan ketika Anda sedang terburu-buru.

Solusi untuk kebiasaan makan terlalu cepat

Untuk melepaskan diri dari masalah kesehatan yang disebabkan oleh makan terlalu cepat, tentu saja kita harus memperlambatnya. Kedengarannya sederhana tetapi sangat sulit dilakukan dan dipraktekkan. Berikut beberapa kiat yang dapat membantu Anda dalam pola perubahan ini:

Makan dengan sikap sopan dan memulai percakapan

Ketika Anda memiliki kesempatan untuk makan dengan teman, keluarga, atau kerabat Anda, Anda harus memulai atau bergabung dengan percakapan untuk meringankan suasana. Ingat untuk makan dengan sopan yang Anda bisa dan jangan pernah berbicara dengan mulut penuh makanan, teknik ini akan memperlambat Anda.

Jangan bergabung dengan pemakan cepat

Ini sangat sulit di lingkungan kerja, dan rekan Anda lebih suka menelan daripada mengunyah. Ingatlah bahwa apa yang Anda lakukan adalah demi kesehatan Anda sendiri dan kesejahteraan Anda sendiri. Anda selalu bisa dengan ramah menjelaskan dan menyebarkan perubahan kebiasaan ini kepada teman Anda. Mungkin mereka akan mengucapkan terima kasih dan Anda memiliki teman untuk duduk makan bersama Anda selama 20 menit istirahat makan siang.

baca juga:

QnC jelly Gamat

Tips diet sehat bagi anak dengan kolesterol tinggi

posted by: ginkgobiloba.gamatasli.com

Masalah Kesehatan Akibat Makan Terlalu Cepat

Category: Kesehatan

About Admin

ginkgobiloba.gamatasli.com adalah situs kesehatan dan pengobatan alternatif yang menyediakan pelayanan dan pengiriman produk herbal hingga ke seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *