Khasiat, Manfaat dan Efek Samping Biji Mahoni Untuk Kesehatan

By | September 9, 2017

Khasiat, Manfaat dan Efek Samping Biji Mahoni Untuk Kesehatan – Mungkin sebagian orang banyak yang tidak mengetahui pohon mahoni. pohon yang tumbuh besar ini sering dimanfaatkan kayu nya untuk berbagai keperluan seperti tekstil, dan juga membuat lemari, kursi, meja atau aneka ukiran indah. tanaman yang berasal dari hindia barat ini, kini sering kita jumpai di pinggir-pinggir jalan yang berfungsi untuk mengurangi polusi udara dari kendaraan.

Sama seperti tumbuhan lainnya, pohon mahoni ini juga memiliki bunga, buah, dan biji untuk berkembang biak. sebagian besar masyarakat hanya tahu bagian yang sering dimanfaatkan dari mahoni ini adalah kayunya saja, sedangkan buah dan biji nya sering dianggap sampah yang tidak ada gunanya. namun tahukan anda?, ternyata ada banyak khasiat yang sangat baik untuk kesehatan dibalik Biji mahoni yang pahit ini.

Khasiat, Manfaat dan Efek Samping Biji Mahoni Untuk Kesehatan

Dihampir semua negara dimana mahoni bisa tumbuh, biji mahoni biasanya digunakan untuk keperluan pengobatan herbal karena mereka mengetahui khasiat dari biji mahoni ini dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah, mengobati diabetes, dan menyembuhkan impotensi, meskipun beberapa bukti ilmiah menegaskan khasiatnya sebagai obat herbal masih lemah, namun beberapa orang yang mengaku sudah merasakan khasiat dari biji mahoni ini.

Kandungan Biji Mahoni

Setidaknya ada tiga kandungan bahan aktif dalam biji mahoni yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh yakni : flavonoid, saponin dan alkaloid.

Flavonoid
Flavonoid adalah senyawa fenolik yang banyak mengandung pigmen tumbuhan. Flavonoid bermanfaat bagi manusia terutama karena merupakan antioksidan yang bisa membasmi radikal bebas dan racun serta memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Sifat anti-oksidasi yang ada dalam kandungan flavonoid menciptakan khasiat biji mahoni yang efektif untuk melawan berbagai penyakit, seperti penumpukan LDL, tekanan darah tinggi dan masalah jantung.

Saponin
Khasiat biji mahoni selanjutnya yaitu didapat dari Saponin, saponin adalah glukosida yang membentuk busa sabun saat dicampur dengan air. Saponin ini adalah sabun alami yang berasal dari tumbuhan dan memiliki sifat hipoglikemik bila dijadikan panganan.

Kandungan saponin dari biji buah mahoni membuat nya menjadi obat alami yang ampuh bagi penderita diabetes mellitus. Meski saponin adalah sabun, tidak akan meracuni pada hewan berdarah panas saat tertelan, termasuk pada manusia.

Berdasarkan studi yang telah dilakukan oleh Smith et al dari Ekiti State University, Nigeria, dan diterbitkan dalam Journal of Drug Delivery & Therapeutics, mengungkapkan bahwa efek hipoglikemik dari saponin bahkan lebih kuat daripada obat antidiabetes generik, terutama metformin. Oleh karena itu kita bisa menyimpulkan salah satu khasiat biji mahoni yang terbukti adalah sebagai obat diabetes alami untuk mempertahankan kadar gula dalam darah tetap normal.

Alkaloid
Khasiat biji mahoni yang penting lainnya diperantarai oleh kandungan alkalinya. Telah umum diketahui bahwa kebanyakan penyakit terjadi ketika tingkat pH tubuh terlalu rendah atau asam. Segala sesuatu yang mencemari tubuh, termasuk racun dan radikal bebas, bersifat asam. Kandungan alkaloid biji buah mahoni efektif untuk mendetoksifikasi tubuh dan mencegah oksidasi dan efek merusak dari sifat asam tersebut.

Mengonsumsi biji buah mahoni secara teratur akan membuat tubuh lebih kebal terhadap kanker, ditambah pula sistem kekebalan tubuh akan meningkat secara signifikan.

Efek Samping Biji Mahoni

Terkadang keinginan kita untuk sembuh lebih cepat biasanya dengan cara yang kurang tepat, misalnya menaikan kadar dosis yang telah ditentukan. dengan mengonsumsi biji mahoni yang berlebihan dapat memungkinkan anda terkena batu empedu, karena kandungan saponin yang bertindak sebagai steroid.

Menurut tradisi dan adat kebiasaan, mengonsumsi biji buah mahoni cukup dengan 1 biji setiap hari. dan itu sudah cukup untuk mendapatkan efek bagi kesehatan seperti yang diharapkan.

Karena relatif tidak adanya penelitian yang konklusif mengenai buah mahoni dan efek kesehatannya, maka efek samping buah mahoni ini sama tidak jelasnya dengan manfaatnya. Memang saat ini tidak ada laporan konsumen yang mengatakan bahwa buah ini menyebabkan efek samping, namun, berdasarkan teori ilmiah yang telah teruji, memang ada efek yang tidak diinginkan yang mungkin terjadi jika ramuan flavonoid aktif dikonsumsi secara berlebihan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Free Radical Biology and Medicine, flavonoid memiliki kecenderungan untuk memiliki sifat mutagenik dan genotoksik. Pada dosis normal, sifat berbahaya tersebut tidak akan muncul dan flavonoid tetap bermanfaat. Jika diminum secara berlebihan, antioksidan ini akan berubah menjadi pro-oksidan dan mutagen.

Dari kesimpulan di atas, mengonsumsi biji mahoni dalam kadar normal memang dapat memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh. Jika tujuan anda ingin menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, mengonsumsi biji mahoni bisa jadi pilihan namun kurang efektif. untuk lebih efektif lagi anda bisa mengonsumsi obat herbal Walatra Gamat Emas Kapsul , Walatra Jelly Gamat atau QnC Jelly Gamat.

Semua obat herbal tersebut memiliki khasiat yang baik untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh terlebih rasanya pun tidak sepahit biji mahoni. Untuk Informasi selengkapnya silahakan klik

Khasiat, Manfaat dan Efek Samping Biji Mahoni Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *