Bisakah Olahraga Lari Mempengaruhi Kesehatan Mental?

By | October 11, 2018

Olahraga lari dianggap sebagai salah satu bentuk latihan kardio yang paling efektif. Manfaatnya dapat meningkatkan kesehatan jantung dan arteri serta membakar lemak dan menjaga tubuh tetap sehat.

Bisakah Olahraga Lari Mempengaruhi Kesehatan Mental?

Selain manfaat kesehatan fisik, olahraga lari juga dapat membawa sejumlah manfaat untuk kesehatan mental.

Manfaat lari untuk kesehatan mental

1. Mengurangi stres

Ketika berlari, tubuh Anda menghasilkan hormon yang disebut endorphins, yang memiliki efek yang sama dengan anti-depresan. Endorfin menekan pelepasan hormon stres seperti adrenalin dan kortisol, sehingga mengurangi stres dan depresi. Olahraga lari tidak hanya meredakan stres tetapi juga membuat Anda cenderung tidak terpengaruh oleh stres di waktu mendatang.

2. Membuat tidur lebih baik

Depresi biasanya disertai dengan kurang tidur, yang akan memperburuk kondisi tubuh Anda. Olahraga lari atau berjalan santai dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Aktivitas fisik yang dilakukan di siang hari menentukan tingkat relaksasi tubuh di tempat tidur. Anda mungkin pernah merasakan tidur yang nyenyak jika tubuh kelahan setelah aktivitas seharian. Namun, Anda sebaiknya tidak lari sebelum tidur. Waktu yang sangat ideal untuk olahraga lari adalah di pagi atau sore hari. Usahakan tiga hingga empat sesi per minggu, dengan sekitar tiga puluh menit setiap sesi. baca juga: Cara mengobati maag dengan kunyit

3. Meningkatkan keterampilan kognitif

Kinerja otak Anda akan melambat saat Anda bertambah tua dan lebih tua. Akan ada situasi di mana Anda tidak dapat berpikir secepat yang Anda bisa, dan ingatan Anda mulai terkikis. Olahraga lari tidak dapat menghentikan waktu atau mengembalikan penuaan, tetapi itu membantu meningkatkan keterampilan kognitif dengan meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan sirkulasi darah secara keseluruhan.

4. Meningkatkan nafsu makan

Nafsu makan yang buruk dapat sangat memengaruhi suasana hati, bahkan berkontribusi terhadap stres dan depresi. Baik kesehatan fisik atau mental bergantung pada diet yang sehat. Berlari merangsang pelepasan ghrelin dan peptida YY, hormon yang membuat Anda lapar. Ini bisa jadi menyebabkan tubuh Anda meminta lebih banyak makanan untuk mengimbangi kalori yang Anda bakar saat berlari. Anda harus berhati-hati dengan kebiasaan makan Anda. Bahkan jika Anda sering olahraga lari, Anda seharusnya mengikuti diet seimbang.

baca juga:

QnC jelly Gamat

Manfaat mandi hangat untuk mencegah penyakit jantung

posted by: http://ginkgobiloba.gamatasli.com

Bisakah Olahraga Lari Mempengaruhi Kesehatan Mental?

Category: Kesehatan

About Admin

ginkgobiloba.gamatasli.com adalah situs kesehatan dan pengobatan alternatif yang menyediakan pelayanan dan pengiriman produk herbal hingga ke seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *