13 Manfaat Cengkeh yang Menakjubkan

By | January 18, 2018

13 Manfaat Cengkeh yang Menakjubkan – Cengkeh menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan, beberapa di antaranya termasuk untuk sistem pencernaan, melawan kanker, melindungi hati, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengendalikan diabetes, menjaga kekuatan tulang, dan mengandung sifat anti-mutagenik dan anti-mikroba, serta melawan penyakit mulut dan sakit kepala, sementara juga menampilkan sifat afrodisiak.

Apa itu cengkeh?

Cengkeh adalah salah satu rempah asli negara-negara Asia seperti Indonesia, India, Pakistan, dan bahkan wilayah Afrika Timur. Ini asli kepulauan Maluku di Indonesia. cengkeh adalah agen penyedap yang populer digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia, terutama di Asia. Cengkeh membentuk dasar kuliner di sejumlah masakan Asia yang berbeda.

13 Manfaat Cengkeh yang Menakjubkan

Cengkeh, seperti bumbu lainnya yang berasal dari Asia, memiliki sejarah besar di baliknya. Selama abad ke-13 dan ke-14, cengkeh diangkut jauh-jauh dari Indonesia ke China, India, Persia, Afrika, dan Eropa. Selama ini, cengkeh memiliki harga yang sangat tinggi, sehingga perang monopoli produksi dan distribusi cengkeh dimulai. Banyak perang dilancarkan untuk mengendalikan kepulauan Maluku selama periode abad pertengahan dan modern. Belanda menang dan memegang pulau-pulau Maluku untuk waktu yang sangat lama. Saat ini, cengkeh adalah tanaman komersial yang sangat penting di seluruh dunia.

Fakta Ilmiah Tentang Cengkeh

Cengkeh adalah kuncup bunga kering dari pohon Syzygium aromaticum. Ini milik keluarga tumbuhan bernama Myrtaceae. Tanaman ini merupakan tanaman cemara yang tumbuh dalam kondisi tropis dan subtropis. Cengkeh adalah ramuan dan orang menggunakan berbagai bagian tanaman, termasuk kuncup kering, batang, dan daun untuk dijadikan obat. Minyak cengkeh juga terkenal dengan khasiat obatnya.

Cengkeh telah digunakan selama ribuan tahun di India dan China tidak hanya sebagai bumbu dan rempah tetapi juga sebagai obat untuk banyak penyakit. Pengobatan ayurveda menggunakan cengkeh untuk kerusakan gigi, halitosis, dan bau mulut. Dalam pengobatan Cina, cengkeh dianggap memiliki sifat afrodisiak.

Fakta Nutrisi Cengkeh

Menurut Database Gizi Nasional untuk Referensi Standar, nutrisi yang ditemukan dalam 100 gram cengkeh meliputi 65 gram karbohidrat, 6 gram protein, 13 gram lemak total, 2 gram gula, 274 kkal energi dan 33 gram serat makanan. Mineral di cengkeh termasuk kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan seng. Vitamin yang ditemukan di antaranya meliputi vitamin C, thiamin, riboflavin, niasin, folat, vitamin B6, vitamin B12, vitamin A, vitamin E, vitamin D, dan vitamin K.

Zat Bioaktif pada Cengkeh

Senyawa bioaktif tertentu telah diisolasi dari ekstrak cengkeh. Beberapa diantaranya meliputi flavonoid, heksana, metilen klorida, etanol, timol, eugenol, dan benzena. Biokimia ini telah dilaporkan memiliki berbagai khasiat, termasuk sifat antioksidan, hepatoprotektif, anti-mikroba, dan anti-inflamasi.

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Manfaat cengkeh untuk kesehatan termasuk :

Sistem Pencernaan yang lebih baik

Cengkeh memperbaiki pencernaan dengan merangsang sekresi enzim pencernaan. Cengkeh juga baik untuk mengurangi perut kembung, asam lambung, dispepsia, dan mual. Mereka bisa dipanggang, dibarengi, dan diambil dengan madu untuk menghilangkannya dalam gangguan pencernaan.

Sifat antibakteri

Cengkeh telah diuji untuk sifat antibakterinya terhadap sejumlah patogen manusia. Ekstrak cengkeh cukup ampuh untuk membunuh patogen tersebut. Ekstrak cengkeh juga efektif melawan bakteri spesifik yang menyebarkan kolera.

Sifat pencegahan kemo

Cengkeh sangat menarik bagi komunitas medis karena sifat anti-karsinogenik kemo-preventif atau anti-karsinogenasinya. Tes telah menunjukkan bahwa mereka sangat membantu dalam mengendalikan kanker paru-paru pada tahap awal.

Perlindungan Hati

Cengkeh mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi, yang ideal untuk melindungi organ dari efek radikal bebas, terutama hati. Metabolisme, dalam jangka panjang, meningkatkan produksi radikal bebas dan profil lipid, sekaligus menurunkan antioksidan di hati. Ekstrak cengkeh sangat membantu dalam menangkal efek tersebut dengan sifat hepatoprotektifnya.

Kontrol diabetes

Cengkeh telah digunakan dalam banyak pengobatan tradisional untuk sejumlah penyakit. Salah satu penyakit tersebut adalah diabetes. Pada penderita diabetes, jumlah insulin yang diproduksi oleh tubuh tidak cukup atau insulin tidak diproduksi sama sekali. Studi telah mengungkapkan bahwa ekstrak dari cengkeh meniru insulin dengan cara tertentu dan membantu mengendalikan kadar gula darah.

Merawat tulang

Ekstrak hidro-alkohol dari cengkeh termasuk senyawa fenolik seperti eugenol dan turunannya, seperti flavon, isoflavon dan flavonoid. Ekstrak ini sangat membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan kandungan mineral tulang, serta meningkatkan kekuatan tarik tulang jika terjadi osteoporosis.

Anti-Mutagenik

Mutagen adalah bahan kimia yang mengubah susunan genetik DNA dengan menyebabkan mutasi. Senyawa biokimia yang ditemukan di cengkeh, seperti fenilpropanoid, memiliki sifat anti-mutagenik. Ini diberikan pada sel yang diobati dengan mutagen dan mereka dapat mengendalikan efek mutagenik ke tingkat yang signifikan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ayurveda menjelaskan tanaman tertentu agar efektif dalam mengembangkan dan melindungi sistem kekebalan tubuh. Salah satu tanaman tersebut adalah cengkeh. Kuncup bunga kering dari cengkeh mengandung senyawa yang membantu dalam memperbaiki sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah sel darah putih, sehingga meningkatkan hipersensitivitas tipe tertunda.

Sifat anti-inflamasi

Cengkeh memiliki sifat anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit. Studi tentang ekstrak cengkeh yang diberikan pada tikus laboratorium, menunjukkan bahwa kehadiran eugenol mengurangi peradangan yang disebabkan oleh edema. Hal itu juga menegaskan bahwa eugenol memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa sakit dengan merangsang reseptor rasa sakit.

Mengatasi Penyakit Mulut

Cengkeh dapat dikonsumsi untuk penyakit gusi seperti gingivitis dan periodontitis. Ekstrak cengkeh secara signifikan mengendalikan pertumbuhan patogen oral, yang bertanggung jawab untuk berbagai penyakit mulut. Cengkeh juga bisa digunakan untuk sakit gigi karena sifat penghilang rasa sakit mereka.

Aphrodisiac

Rempah-rempah seperti cengkeh dan pala telah dikatakan memiliki khasiat afrodisiak, menurut obat Unani. Percobaan pada ekstrak cengkeh dan pala diuji terhadap obat standar yang diberikan untuk alasan itu, dan kedua cengkeh dan pala menunjukkan hasil positif.

Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala bisa dikurangi dengan menggunakan cengkeh. Buatlah pasta dari beberapa cengkeh dan campurkan dengan sedikit garam batu. Tambahkan ini ke segelas susu. Campuran ini mengurangi sakit kepala dengan cepat dan efektif.

Efek Samping Menggunakan Cengkeh

Minyak Cengkeh: Minyak cengkeh tidak boleh digunakan secara langsung; Sebagai gantinya mereka harus diencerkan baik dengan minyak zaitun atau air suling. Minyak ekstrak cengkeh umumnya dianggap aman, namun beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa mereka memiliki sifat sitotoksik. Ada dua komponen utama yang ada pada minyak ekstrak cengkeh, eugenol, dan B-caryophyllene. Senyawa ini sangat efektif melawan fibroblas dan sel endotel. baca juga : Cara Mengatasi Keputihan Berwarna Putih susu

Rokok Cengkeh: Di Indonesia, cengkeh dikonsumsi dalam skala besar berupa rokok, yang dikenal dengan sebutan kretek. Rokok kretek ini telah muncul sebagai alternatif rokok tembakau, namun penelitian menunjukkan bahwa rokok kretek sebenarnya lebih buruk daripada rokok konvensional. Dalam kasus rokok kretek, jumlah nikotin, karbon monoksida, dan tar yang masuk ke paru-paru lebih tinggi dari pada rokok tembakau biasa. dilansir dari organicfact.net

baca juga:

posted by : ginkgo biloba plus capsule

13 Manfaat Cengkeh yang Menakjubkan

Category: Kesehatan

About Admin

ginkgobiloba.gamatasli.com adalah situs kesehatan dan pengobatan alternatif yang menyediakan pelayanan dan pengiriman produk herbal hingga ke seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *